Pages

Thursday, November 28, 2013

serpihan yupa etnika



Yupa Prasasti Mulawarman
Teater Yupa merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang kesenian khususnya panggung pertunjukan (teater), Teater Yupa merupakan teater yang memiliki eksistensi diseluruh event Regional maupun Nasional salah satunya prestasi yang pernah disabet oleh teater Yupa selama lima tahun terakhir yaitu : Penyaji Terbaik 1 Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) Makassar (Oktober 2009),Aktris Terbaik Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) Makassar (Oktober 2009),Sutradara Terbaik Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) Makassar (Oktober 2009),Penata Bunyi Terbaik Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) Makassar (Oktober 2009),Penata Lampu Terbaik Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) Makassar (Oktober 2009),Juara 1 Lomba Monolog Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) X Pontianak ( Juli 2010),Juara 2 Lomba Monolog Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XI Mataram (Juli 2012),harapan I Festival Teater Mahasiswa Nasional (FESTAMASIO) VI Surabaya.saat ini teater Yupa mempersiapkan diri untuk mengikuti Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) III  yang akan diselenggarakan di Bandung “harapan nya teater Yupa bisa juara 1”, ungkap Arman Dahlan “Revolusi Tinja” yang akan ditampilkan pada  STIGMA III di Bandung Universitas Padjajaran.
         Teater kampus universitas Mulawarman ini lahir pada tanggal 21 mei 1991 Kata `Yupa` berasal dari nama salah satu anak sungai di Hulu Mahakam. Selain itu juga di ambil dari sebuah prasasti kerajaan tertua di Indonesia yaitu kerajaan Kutai, yang akhirnya menguak sejarah kerajaan Kutai.  Oleh sebab itu pelopor dan pendiri teater Yupa menginginkan Teater Yupa dapat menjadi teater kampus yang dibanggakan dan dapat memperkenalkan Universitas Mulawarman tidak hanya terdengar di Kalimantan Timur saja. Tetapi dapat didengar, dilihat & dirasakan oleh para penikmat seni di nasional maupun Internasional. Saat ini teater Yupa telah menginjak usia ke-22 karya – karya yang telah di hasilkan oleh teater Yupa selama beberapa tahun terakhir adalah Orde Mimpi, Pentas Tahunan 19 Samarinda, Maret 2012 ,Kasir Kita, Peksiminas XI Mataram, Juli 2012 , Kasir Kita, Temu Teman X Purwokerto, Juli 2012,RT 0 RW 0, Makrab D18, November 2012,Poligami Makrab D19,November 2013, Serpihan Yupa Etnika oktober 2013 dan Revolusi Tinja.
Bagaimana teater Yupa mampu menghasilkan begitu banyak prestasi dan karya ?
“seorang kreator itu tak kan pernah berhenti berkarya walau raganya sudah terpisah dengan ruhnya”,kutipan Rakhmad Syarif. Untuk membangkitkan setiap kratifitas biasanya Teater Yupa mengadakan yang namanya Latihan Rutin (LARUT) dibidang seni seperti penyutradaraan,menulis naskah,setting,lighting dan lain - lain. Yupa juga memiliki grup music yang bernama Yupa Etnika yang khusus bermain alat music. Yang lebih menarik lagi selogan teater Yupa Setia Sampai Akhir Dalam Keyakinan. Singkat namun penuh makna.

dan ini salah satunya karya anak yupa serpihan yang dibawakan oleh yupa etnika download disini  download disini

0 cuap cuap:

Translate