Pages

Friday, August 15, 2014

misteri 5 kota hilang



Pernah dengar tentang Atlantis atau Sodom dan Gomorrah? Ya benar sekali. Keduanya adalah kota yang kabarnya hilanga atau lenyap dari permukaan bumi. Benar-benar ada atau hanya legenda sih? Perdebatan mengenai benar atau tidaknya keberadaan Kota yang hilang masih berlangsung sengit hingga sekarang. Banyaknya pendapat atau versi cerita terkadang yang membuat keberadaan Kota yang hilang ini menjadi tidak jelas. Beberapa pendapat mengatakan bahwa kota tersebut bukannya lenyap dari Bumi, melainkan lokasinya berpindah. Namun ada juga yang mengatakan bahwa yang dapat melihat kota tersebut hanya para peri saja. Hmm.
Walau begitu, tak lantas ketertarikan pada kota yang hilang begitu saja pudar. Pencarian mengenai kota tersebut yang bukan hanya dilandaskan karena sejarah, namun juga adanya harta karun, terus dilakukan. Hal inilah yang sebenarnya menarik para masyarakat Dunia untuk mencari tahu keberadaan Kota yang hilang ini. sampai sekarang tidak ada satu pun yang benar-benar membuktikan bahwa Kota tersebut ada. Lalu bagaimana menurut Anda? Apakah kota hilang hanya merupakan legenda atau dongeng semata, atau benar-benar ada dan kini lenyap ke dimensi lain? Sebelum memberi pendapat Anda, yuk intip cuplikan kisah mengenai kota yang hilangberikut ini.

The City of Troy
Dulunya, tepatnya pada abad ke 12 hingga pertengahan abad ke 18, dongeng mengenai The City of Troy hanya sebatas sebuah cerita atau dongeng semata. Tak ada seorang pun yang benar-benar mencari atau memperkirakan bahwa legenda Kota yang hilang The City of Troy benar-benar ada. Tapi semua berubah kala dua orang arkeolog dari Inggris, Calvert dan rekannya arkeolog Jerman Schliemann melakukan penjelajahan di area pertanian Turki untuk mencari The City of Troy pada abad ke 19. Disanalah mereka menemukan reruntuhan yang diduga adalah dongen kota hilang Troy.
The City of Troy
Illustrasi dari salah satu kota yang hilang : The City of Troy


Sodom dan Gomorrah
Di Alkitab, kisah kota mistis yang habis dilalap api kemarahan Tuhan, Sodom dan Gomorrah masih menjadi topik pencarian yang seru. Dan beberapa pihak pun menyimpulkan bahwa bisa saja kedua Kota yang hilang ini masih ada, hanya sudah digantikan keberadaannya dengan kota lain. Jadi sudah pasti kini sisa peninggalan ataupun jejaknya sudah tak dapat dicari lagi.
Sodom dan Gomorrah
Illustrasi dari salah satu kota yang hilang : Sodom dan Gomorrah

Kota cahaya
Pengikut agama Hindu dan Buddha mempercayai adanya sebuah Kota Cahaya. Kota yang berada di lokasi mistis di Shambala ini memiliki arti yang tak main-main bagi pengikut kedua agama tersebut. Pasalnya, Kota Cahaya dipercaya merupakan tempat lahirnya dewa Wisnu. Selain itu, kota ini pun memiliki keunikan tersendiri, misalnya, tak menapak di tanah. Walau begitu, banyak pihak yang mengatakan bahwa keberadaan Kota yang hilang ini hanya ada bagi mereka yang percaya. Dan tak banyak pencarian yang dilakukan untuk menemukan Kota Cahaya tempat lahir Dewa Wisnu ini.
Kota cahaya
Illustrasi dari salah satu kota yang hilang : Kota cahaya

El Dorado
Kisah mengenai Kota yang hilang El Dorado masih sering berkembang dari mulut ke mulut. Kota ini dikabarkan memiliki banyak sekali harta karun dan emas yang bergelimang di situs El Dorado. Tak heran banyak pemburu harta karun berlomba-lomba mencari keberadaan El Dorado. Padahal dikisahkan pada abad ke 16 ada dua orang petualang bernama Gonzalo Pizarro dan Sir Walter Raleigh yang menghabiskan beberapa waktu untuk mencari keberadaan kota emas yang hilang, El Dorado. Dan mereka menemukan kota mimpi tersebut! Tapi seperti ungkapan “Kota Mimpi”, adanya emas dan harta karun di El Dorado pun hanyalah impian belaka. Pasalnya yang mereka temukan hanya bebatuan dan puing kota.
El Dorado the lost city
Illustrasi dari salah satu kota yang hilang : El Dorado

Kota Atlantis
Nah legenda kota yang hilang yang populer yaitu Atlantis masih memiliki banyak peminat dan hingga kini belum ada titik cerah yang pasti mengenai keberadaan kota yang selalu dikaitkan dengan Yunani kuno ini. Kota Atlantis dikatakan sebagai kota-nya para dewa Yunani. Dikisahkan perubahan struktur bumi menenggelamkan kota Atlantis dan membuat seluruh kota terbenam dalam samudra dalam. Walau belum ada studi atau pencarian yang mampu mengungkap keberadaan pasti Atlantis.  Namun ada yang bilang sekitar di daerah laut Mediterania atau di lepas pantai Florida.
Atlantis
Illustrasi dari salah satu kota yang hilang : Atlantis

Kesimpulan
Bagaimana? Apa dari Pasebania sekalian ada yang penasaran untuk meneliti kota-kota di atas? [HMD]

0 cuap cuap:

Translate