Pages

Saturday, November 1, 2014

runtuhnya rasa nasionalise mahasiswa


Runtuhnya
nasionalisme mahasiswa Runtuhnya
Indonesia
Runtuhnya sebuah Negara bukanlah sebuah hal yang tabu, kita sudah sering mendengar kisah ini dimasa lalu bagaimana Negara adidaya yang mungkin kita percaya akan terus abadi kini runtuh bahkan hilang dari peta dunia seperti kerajaan Roma, kerajaan Persia, Turki Utsmani, dan lainnya. Mereka adalah contoh Negara raksasa dijamannya yang kini hanya menjadi sebuah dongeng.
Tidak terkecuali saat ini, Negara adidaya yang dulu Berjaya sebuah Negara yang ditakuti oleh Amerika serikat tapi kini tidak tercatat dipeta dunia, Uni Soviet. Negara itu sama dengan manusia tanpa organ tubuh yang hidup Ia akan mati. Perlu contoh lagi? Amerika serikat  perlahan – lahan Negara besar ini mulai rapuh karena hutang yang sangat besar, jutaan orang di Amerika akan kehilangan rumah, pekerjaan dan perusahaan, kemiskinan akan meningkat dua kali lipat.
Terus bagaimana Indonesia? Perlahan tapi pasti Indonesia akan menyusul karena rasa nasionalisme masyarakatnya yang luntur. Dari kecil kita terus dininabobokan oleh kalimat “Negara kita kaya, Negara kita macan Asia” sadarkah engkau, bahkan ibu pertiwi tidak bisa bangun sekarang? Kondisi ini terlihat dari persoalan yang dihadapi Indonesia dewasa ini Sebulan yang lalu dunia pendidikan Indonesia dicoreng oleh perilaku tidak senonoh oleh seorang guru madrasah, Gurunya saja begitu apalagi muridnya?
Lunturnya rasaa nasionalisme masyarakat yang makin hari semakin jauh dari semangat cita – cita proklamasi. mahasiswa Sebagai pemilik peranan penting di Indonesia,sebagai salah satu kekuatan penekan dalam kontetalasi social politik di Indonesia dan sebagai Agent of change. mahasiswa dinilai memiliki rasa nasionalisme yang rendah, ini terjadi karena mahasiswa telah dirasuki budaya dan pengaruh asing serta perilaku mahasiswa yang tidak mencerminkan mahasiswa.

Nasionalisme merupakan suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah Negara dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Rasa nasionalisme adalah suatu rasa pemersatu bangsa, karena rasa inilah Indonesia bisa lepas dari genggaman penjajah selama 3 setengah abad. Karena ada rasa kesamaan dijajah, kesamaan cita – cita yang ingin dituju menciptakan rasa ini.

Mahasiswa dipaksa untuk kritis,terhadap fenomena – fenomena yang terjadi di masyarakat. apalagi dalam persoalan pemerintahan karena mahasiswa juga lidah masyarakat.. Keberadaan mahasiswa menjadi salah satu kekuatan yang dipertimbangkan oleh berbagai kelompok kepentingan terutama negara. Inilah yang membedakan mahasiswa dengan siswa, bila rasa nasionalisme mahasiswa telah pupus apakah Indonesia masih bisa berharap 10 atau bahkan 20 tahun lagi Indonesia masih ada dipeta dunia? Ini sudah terjadi ketika Timor – timor memilih lepas dari Indonesia.

Agar tidak ada lagi perpecahan di Indonesia terjadi, mahasiswa sebagai Agent of change, sebagai panutan masyarakat dan harapan masyarakat. Harus bisa tetap mempertahan kan nilai nilai rasa nasionalisme di Indonesia tetap berdaulat. Menjaga rasa nasionalisme tidak perlu dengan meruncingkan bamboo atau bahkan membeli senjata cukup dengan hal – hal yang kecil. Karena langkah besar dapat dimulai dari langkah yang kecil.
Caranya
1.Buang sampah pada tempatnya
2. tunjukan Indonesia itu hebat dengan travel ke pelosok tanah air
3. Tertib dalam berlalu lintas
4. Bangga memakai brand local
5. Berteman tanpa pandang suku dan agama
6. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Tunjukan Indonesia hebat dengan mahasiswa yang berjiwa nasionalisme, tunjukan bahwa rasa nasionalisme mahasiswa dapat kembali dibangun dengan semangat proklamasi lewat langkah kecil menjadi langkah awal mencegah runtuhnya Indonesia. Tunjukan pada pahlawan bahwa pengorbanan mereka tidak sia – sia agar jasad mereka dapat tenang dan tersenyum bangga. Karena kalo bukan mahasiswa lalu siapa lagi?

0 cuap cuap:

Translate