Bisnis
Dalam
kegiatan kantor seringkali ada tamu yang dating bagi kalian yang bekerja
dibidang sekertaris perhatikan cara cara menangani tamu seperti berikut
TATA CARA MENANGANI TAMU
*Etika berguna untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di lingkungan
kerja dan membantu urusan bisnis agar lebih lancar dan efisien.
Tata Cara Menerima Tamu :
- Segera membuka pintu untuk tamu.
- Menyapa tamu: selamat pagi Pak/Bu.
- Mempersilahkan tamu untuk masuk: mari Pak/Bu, silahkan masuk.
- Mempersilahkan tamu untuk duduk.
- Menanyakan siapa tamu tersebut dan dari mana boleh tahu dengan Bapak/Ibu siapa dan dari instansi mana?
- Menanyakan keperluannya dengan kalimat yang sopan: ada yang bisa kami
bantu Pak/Bu?
- Jika tamu berkepentingan dengan orang lain, minta tamu menunggu
sebentar untuk dipanggilkan orang yang bersangkutan.
- Layani dengan sopan, ramah, dan sikap membantu.
- Sabar dan jangan terpancing jika tamu kurang menyenangkan.
- Apabila tamu hendak pulang, antar sampai pintu pagar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
- Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang ada tugas di
luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang terlambat
(prioritas perlu dipertimbangkan).
- Apabila tamu masuk, Anda hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
- Berikan sapaan ramah kepada tamu.
Hal-hal yang perlu dihindari dalam berbicara dengan tamu:
- Memotong pembicaraan orang lain.
- Memonopoli pembicaraan atau percakapan.
- Membicarakan hal-hal yang bukan urusan pekerjaan.
0 cuap cuap:
Post a Comment