Pages

Friday, September 5, 2014

PONI "tata cara menangani tamu"


Bisnis

Dalam kegiatan kantor seringkali ada tamu yang dating bagi kalian yang bekerja dibidang sekertaris perhatikan cara cara menangani tamu seperti berikut

TATA CARA MENANGANI TAMU

*Etika berguna untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di lingkungan kerja dan membantu urusan bisnis agar lebih lancar dan efisien.
Tata Cara Menerima Tamu :
  • Segera membuka pintu untuk tamu.
  • Menyapa tamu: selamat pagi Pak/Bu.
  • Mempersilahkan tamu untuk masuk: mari Pak/Bu, silahkan masuk.
  • Mempersilahkan tamu untuk duduk.
  • Menanyakan siapa tamu tersebut dan dari mana boleh tahu dengan Bapak/Ibu siapa dan dari instansi mana?
  • Menanyakan keperluannya dengan kalimat yang sopan: ada yang bisa kami bantu Pak/Bu?
  • Jika tamu berkepentingan dengan orang lain, minta tamu menunggu sebentar untuk dipanggilkan orang yang bersangkutan.
  • Layani dengan sopan, ramah, dan sikap membantu.
  • Sabar dan jangan terpancing jika tamu kurang menyenangkan.
  • Apabila tamu hendak pulang, antar sampai pintu pagar.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • Apabila sudah ada janji, tepati waktu, apabila sedang ada tugas di luar kantor harus memberitahukan dan minta maaf untuk datang terlambat (prioritas perlu dipertimbangkan).
  • Apabila tamu masuk, Anda hendaknya berdiri, tersenyum, dan bersalaman.
  • Berikan sapaan ramah kepada tamu.
Hal-hal yang perlu dihindari dalam berbicara dengan tamu:

  • Memotong pembicaraan orang lain.
  • Memonopoli pembicaraan atau percakapan.
  • Membicarakan hal-hal yang bukan urusan pekerjaan.

0 cuap cuap:

Translate